PPKn
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
Halo, Anak-anak.
Bertemu lagi kita bersama Pak guru di Blog Diksi. Blog tempat kita belajar.
Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang perbedaan yang menguatkan.
Setelah membaca blog, berdiskusi dengan anggota kelompok, kalian dapat:
- menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan melalui diagram dengan benar.
- menuliskan contoh tentang pengalaman hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya sebagai wujud semangat persatuan.
Anak-anak, perhatikan gambar yang ada pada bagian atas halaman ini!
Apa yang dapat kalian ceritakan?
Ya, pada peringatan menjelang HUT Kemerekaan RI, masyarakat mengadakan berbaga kegiatan termasuk lomba panjat pinang. Semua bergotong royong, bahu membahu menyelesaikan perlatan untuk lomba tersebut. Mereka tidak memandang suku, perbedaan warna kulit, maupun perbedaan agama.
Tugas kalian adalah menggali informasi dengan membuat pertanyaan terkait kata tanya apa, mengapa, di mana, kapan, siapa, dan bagaimana. Tulis di buku tugasmu, Buku PPKn.
Pertanyaanmu mungkin begini: (boleh dicatat)
Apa saja perbedaan yang ada di Kampung Cempaka?
Apa penyebab perbedaan dalam masyarakat?
Bagaimana cara bergaul yang baik dalam masyarakat?
Sikap apa yang dibutuhkan dalam menghadapi perbedaan?
Bukalah bukumu halaman 10!
Latihan ( kerjakan di buku catatannya )
Isilah dengan kata tanya yang tepat, kemudian jawablah!
......................................... warga Kampung Cempaka berasal?
......................................... sahabat Asnah yang beretnis Tionghoa?
......................................... warga Kampung Cempaka berkumpul pada akhir minggu?
......................................... belajar Tari Barongsai kepada Toni?
......................................... yang dibuat Wande untuk mensyukuri berkah Tuhan?
SBdp (Seni Budaya dan Prakarya)
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.
Perhatikan video tentang Tari Lego-lego seperti yang ada dalam buku tema 2!
Perhatikan juga berita tentang Tari Lego-lego berikut ini!
Anak-anak, Tari Lego-lego adalah tari adat dari Alor yang bermakna persatuan.
Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang melakukan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan menari lebih dari satu orang apalagi berkelompok dalam jumlah yang cukup besar membutuhkan kekompakan.
Perhatikan jenis pola lantai berikut!
Pola Lantai Vertikal (Lurus)
Tari klasik banyak menggunakan pola lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini memberikan kesan sederhana, tetapi kuat.
Pola Lantai Diagonal
Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
Pola Lantai Garis Melengkung
Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.
Perhatikan tari berikut! Diskusikan dengan kelompokmu!
Pola lantai apa yang digunakan dalam tari tersebut?
Bagaimana, asyik bukan pelajaran hari ini?
Nah, sekian dulu apa yang Pak Guru sampaikan.
Selamat mengerjakan dan semangat selalu.
Jadilah anak-anak yang berguna bagi bangsa dan patuh pada orang tua dan guru!
Pak Sus
Guru Kelas 6 SDN Mardiharjo, Kec. Purwodadi, Musi Rawas
Sebagai ortu..makasi pak..tapi enaknya anak anak diberikan materi dalam bentuk video yg menarik..jadi bisa kenal sama guru dan ortu bisa belajar cara mengajar. Salah satu kendala dalam pendidikan daring..makask
BalasHapusTerima kasih masukannya, kendala waktu pembuatan video nya.
HapusMateri dalam blog ini untuk memperkaya materi di buku siswa.Sekali lagi terima kasih
Ilmu yang bermanfaat
BalasHapusTeria kasih, Ibu.
Hapus