"Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu."
(Imam Malik)
dok. canva
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Kembali kita belajar dengan ceria!
Tujuan belajar kita kali ini adalah:
- Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.
Siap? Beritahu ibumu atau ayahmu bahwa kalian sedang belajar mengunakan HP, bukan sedang bermain "game".
MULAI!
Anak-anak kelas 6 yang hebat!
Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.
Apakah kamu pernah melakukan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan?
Ya, tentu saja pernah bukan? Silakan kalian sebutkan apa saja.
Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).
Anak-anak dapat juga membuka buku Tema 2 halaman 75 - 76!
Bagaimana, sudah selesai membacanya?
Buka kembali pelajaran tentang kalimat efektif!
Salah satu ciri kalimat efektif adalah penggunaan ejaan yang tepat. Misalnya penggunaan huruf kapital dengan benar.
Huruf kapital biasa disebut huruf besar.
Huruf yang berada di sebelah kiri, itulah huruf kapital. Karena kita menulis dengan tangan menggunakan pena/bolpoin/pensil, bentuk tulisan tangan baku seperti gambar di atas.
Baik, perhatikan kalimat berikut ini!
perjanjian linggarjati adalah perundingan antara indonesia dan belanda di linggarjati, jawa barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan indonesia.
Kalimat di atas tidak efektif. Mengapa?
Kalimat tersebut tidak menggunakan huruf kapital dengan tepat!
Kalimat di atas menjadi efektif jika ditulis sebagai berikut.
Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.
Agar kalian paham, silakan salin kalimat efektif di atas!
Anak-anak, apakah kalian masih ingat kata tanya untuk menemukan informasi dari teks yang dibaca?
Pada video ini ada bagian yang menerangan tentang kata tanya. Silakan dibuka kembali!
Perhatikan bacaan berjudul Perjanjian Linggarjati di atas, atau bukalah halaman 75 - 76 Buku Tema 2 milikmu!
Kita akan berlatih menemukan informasi dari bacaan menggunakan kata tanya yang kalian temukan pada peta pikiran.
- Apa yang dimaksud dengan Perjanjian Linggarjati?
- Mengapa Perjanjian Linggarjati dilaksanakan?
- Siapa yang berunding?
- Bagaimana isi Perjanjian Linggarjati?
- Kapan Perjanjian Linggarjati ditandatangani?
- Di mana Perjanjian Linggarjati diselenggarakan?
Adakah kalian temukan informasi untuk menjawab pertanyaan di atas?
Coba simak jawaban berikut!
Ada yang belum jelas?
Sudah jelas, ya! Coba latihan berikut ini Anda kerjakan!
Buatlah pertanyaan jika jawaban yang tersedia sebagai berikut.
Perjanjian Linggarati diselenggarakan di Linggarjati.
Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.
Laporkan kepada guru hasil pekerjaanmu dan tunjukkan foto berserta hasil pekerjaanmu!
Misalnya seperti ini:
Tanyakan kepada guru melalui WA atau telepon jika ada yang belum jelas!
Anak-anak, sampai di sini pelajaran kita kali ini. Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.
Gunakan kalimat efektif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, gunakan huruf kapital dengan tepat, dan gunakan bentuk tulisan tangan yang baku seperti contoh.
Sampai jumpa!
Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar