Assalaamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk kita semua!
Halo, bertemu kembali di blog kesayangan kita, DIKSI.
Pak Guru berharap kalian semua masih bersemangat belajar, baik sendiri-sendiri maupun bersama teman dekatmu. Tetapi ingat selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, ya!
Tujuan Pembelajaran pertama kita adalah
- Setelah membaca teks, kalian mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
Seperti biasa, tujuan pembelajaran bukan untuk dicatat ya. Kalimat itu merukan harapan kita setelah kalian memelajari bahan pelajaran di laman ini.
Bagaimana, sudah siapkah. Mari kita mulai!
Perhatikan video berikut ini!
(Mudah-mudahan sinyal di daerah kita bersahabat sehingga video bisa dibuka)
Jika kalian ikuti video tersebut sampai selesai, beberapa pertanyaan pada halaman 53 dan 54 buku tema 2 kita dapat terjawab.
Coba jawab pertanyaan itu berdasarkan uraian materi dari video di atas atau hasil kalian membaca buku tema 2 halaman 52-53! Kalian bisa menuliskannya di buku catatan PPKn.
Jika ingin tetap membuka HP atau laptopmum buku tersebut Pak Guru sisipkan pada halaman di bawah ini.
Seni Budaya dan Keterampilan
Bagaimana tugas dari Pak Guru untuk mengarang "Tarian atau Gerak" dan lagu berdasarkan pola lantai yang sudah dipelajari pada bagian sebelumnya?
Pak Guru berharap kalian dapat memupuk kekompakan, persatuan, dan kerukunan dengan berlatih menari!
Nah jika kalian buka buku halaman 61 di atas, kalian akan berjuma dengan penjelasan tentang Tari Indang.
Tari ceria dari Tanah Minang atau Minangkabau di Sumatera Barat ini memiliki gerakan yang bagus sekali. Dari gerakan tangan hingga gerakan kaki penarinya yang membentuk pola lantai.
Yuk, kita pelajari tari tersebut. Jika kelompokmu belum menentukan tari apa yang akan dipraktekkan, kalian boleh memilih tari ini.
Namun sebelumnya, tujuan pembelajaran kedua ini adalah:
- Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, kalian mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
- Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, kalian mampu mempraktikkan gerakan pada Tari Indang.
Lihat video berikut ini ya! Tentu berdoa semoga sinyal internet kita bersahabat.
Nah, bagaimana anak-anak? Menarik dan menghibur sekali, bukan?
Sampai di sini dulu pelajaran kita pada hari ini, silakan kalian ulang-ulang hingga malam nanti kalian naik ke peraduan.
Selamat belajar!
Susanto
Guru SDN Mardiharjo
Kamus Kita Hari Ini
mengidentifikasi /meng·i·den·ti·fi·ka·si/ v menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dan sebagainya): petugas ~ korban kecelakaan pesawat terbang
senantiasa/se·nan·ti·a·sa/ adv selalu; selamanya; tidak putus-putusnya: para pemain -- mengikuti nasihat pelatihnya;
-- hari setiap hari
senantiasa dapat juga berarti selalu
Sumber video
https://www.youtube.com/watch?v=7AxaeELaxOA&t=20s
https://www.youtube.com/watch?v=4qk0DD2zqig
Mantap bngt pak ... AQ jdi ngiri, blm bisa ngisi blog q lagi dg karya baru .. hehehe.
BalasHapusSemangat pak dg terus berkarya
selalu sempat, selalu pas , selalu baguss...kudu banyak belajar nih memanage waktu buat nulis yang manteb & bermanfaat..semngatt dan lanjutkan pak guruku
BalasHapus