Assalaamualaikum W. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Salam sehat.
Hari ini kita akan belajar tentang bangun ruang.
Sebelum belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu!
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati video, membaca, dan berlatih, siswa dapat:
- menjelaskan pengertian bangun ruang.
- memberikan contoh bangun ruang
- menjelaskan tiga bagian bangun ruang
- mengidentifikasikan bangun ruang prisma, limas, kerucut, dan tabung
Catat di buku tulismu dan cari jawabannya dengan membaca uraian dan mencermati bangun ruang pada video yang disediakan!
Pertanyaan
- Apakah yang dimaksud bangun ruang? Jelaskan!
- Sebutkan jenis- jenis bangun ruang!
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan sisi, rusuk, dan titik sudut!
- Identifikasi bangun ruang prisma, limas, kerucut, dan tabung dengan mengisi tabel berikut ini!
Perhatikan video berikut ini!
Bangun Ruang Bagian I
Berdasarkan video di atas, kalian dapat menjelaskan pengertian bangun ruang. Silakan tulis jawabannya pada bukumu!
Pada bangun ruang terdapat istilah sisi, rusuk, dan titik sudut.
Sisi adalah daerah atau bidang yang membatasi bangun ruang
Rusuk adalah garis pertemuan sisi-sisi pada bangun ruang
Titik sudut adalag titik pertemuan tiga atau lebih rusuk pada suatu bangun ruang
Perhatikan bangun ruang berikut ini!
Prisma
Video tersebut menjelaskan tentang prisma. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi prisma!
Perhatikan video berikut ini!
Limas
Video tersebut menjelaskan tentang limas. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi limas!
Perhatikan video berikut!
Kerucut
Video tersebut menjelaskan tentang kerucut. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi kerucut!
Perhatikan video berikut!
Tabung
Video tersebut menjelaskan tentang tabung. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi tabung!
Anak-anak, itulah bangun-bangun ruang yang kita pelajari bersama kali ini. Jangan lupa laporkan kepada orang tuamu hasil belajar kali ini.
Untuk guru:
Kompetensi dasar materi ini adalah:
3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
*) Kurikulum Kondisi Khusus
Masya Allah.. ini keren bener pak D. Sehat ya Pak D Susanto. 😊
BalasHapusSubhanallah ..
BalasHapusKeren P D...
Cakeeep Pak D
BalasHapusbisa saya ATM nih... hehehehe
Terima kasih Bapak dan Ibu Guru
BalasHapus