Halo, anak-anak!
Bertemu kembali di sini, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu, ya!
Pada pembelajaran 1 kita sudah belajar tentang rotasi bumi. Yuk kita ulangi lagi dengan menonton video berikut ini. Kalian tonton dari awal hingga menit ke 2.42 saja. Menit-menit berikutnya untuk pelajaran berikutnya.
Yuk kita simak!
Bumi mengalami dua gerakan, yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi bumi adalah gerakan bumi berputar pada porosnya. Waktu yang dibutukan bumi untuk berputar pada porosnya disebut kala rotasi bumi. Kala rotasi dikenal dengan satu hari.
Beberapa akibat rotasi bumi antara lain sebagai berikut.
Terjadinya Siang dan Malam.
Bagian bumi yang menghadap matahari, akan mengalami siang hari. Bagian bumi yang membelakangi matahari, mengalami malam hari.
Adanya Perbedaan Waktu di Berbagai Daerah.
Di indonesia terdiri dari 3 daerah waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT. Sedangkan seluruh dunia dibagi menjadi 24 wilayah waktu.
Gerak Semu Harian Matahari.
Gerak semu harian matahari, matahari seolah-olah bergerak mengelilingi bumi.Sebenarnya bumi yang bergerak mengelilingi matahari.
Pembelokan Arah Arus Laut.
Arah arus laut berbelok searah perputaran jarum jam pada belahan bumi selatan.Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
Coba catat dan carilah jawabannya!
1. Wilayah Indonesia membentang sejauh berapa derajat?
2. Jika di Greenwich Inggris pukul 1, pukul berapakah di tempatmua?
3. Apa arti singkatan WIB, WIT, dan WITA!
4. Tulislah nama provinsi yang termasuk wilayah waktu WIB!
5. Tulislah nama provinsi yang termasuk wilayah waktu WITA!
6. Tulislah nama provinsi yang termasuk wilayah waktu WIT!
Untuk Guru
IPA
3.7 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari, revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.
SbdP
3.2 Memahami interval nada.
Tujuan pembelajaran:
Setelah mencermati video tentang garis lintang dan garis bujur siswa dapat menjelaskan perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.
Dengan mendiskusikan hasil pengamatan, siswa dapat menuliskan penyebab perbedaan waktu di bumi.
Dengan menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar