• Diksi 1

    Halaman SDN Mataram Musi Rawas Mei 2024

  • Diksi 2

    SMP Terbuka TKB Batu Kucing Musi Rawas (Sekarang, Musi Rawas Utara)

  • Diksi 3

    Kegiatan Akhir Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9

  • Diksi 4

    Rumah Virus Literasi (RVL) Kopdar 2

  • Diksi 5

    Kota Kenangan

Bahasa Indonesia (Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4)

"Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu." 

(Imam Malik)

dok. canva

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia


3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kembali kita belajar dengan ceria!

Tujuan belajar kita kali ini adalah:
  1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
  2. Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.


Siap? Beritahu ibumu atau ayahmu bahwa kalian sedang belajar mengunakan HP, bukan sedang bermain "game".

MULAI!

Anak-anak kelas 6 yang hebat!
Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.
Apakah kamu pernah melakukan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan?
Ya, tentu saja pernah bukan? Silakan kalian sebutkan apa saja. 



Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Anak-anak dapat juga membuka buku Tema 2 halaman 75 - 76!




Bagaimana, sudah selesai membacanya?

Buka kembali pelajaran tentang kalimat efektif!

Salah satu ciri kalimat efektif adalah penggunaan ejaan yang tepat. Misalnya penggunaan huruf kapital dengan benar.

Huruf kapital biasa disebut huruf besar.


Huruf yang berada di sebelah kiri, itulah huruf kapital. Karena kita menulis dengan tangan menggunakan pena/bolpoin/pensil, bentuk tulisan tangan baku seperti gambar di atas.


Baik, perhatikan kalimat berikut ini!

perjanjian linggarjati adalah perundingan antara indonesia dan belanda di linggarjati, jawa barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan indonesia.

Kalimat di atas tidak efektif. Mengapa?

Kalimat tersebut tidak menggunakan huruf kapital dengan tepat!

Kalimat di atas menjadi efektif jika ditulis sebagai berikut.

Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.

Agar kalian paham, silakan salin kalimat efektif di atas!


Anak-anak, apakah kalian masih ingat kata tanya untuk menemukan informasi dari teks yang dibaca?

Pada video ini ada bagian yang menerangan tentang kata tanya. Silakan dibuka kembali!




Perhatikan bacaan berjudul Perjanjian Linggarjati di atas, atau bukalah halaman 75 - 76 Buku Tema 2 milikmu! 

Kita akan berlatih menemukan informasi dari bacaan menggunakan kata tanya yang kalian temukan pada peta pikiran.


  1. Apa yang dimaksud dengan Perjanjian Linggarjati?
  2. Mengapa Perjanjian Linggarjati dilaksanakan?
  3. Siapa yang berunding?
  4. Bagaimana isi Perjanjian Linggarjati?
  5. Kapan Perjanjian Linggarjati ditandatangani?
  6. Di mana Perjanjian Linggarjati diselenggarakan?

Adakah kalian temukan informasi untuk menjawab pertanyaan di atas?

Coba simak jawaban berikut!









Ada yang belum jelas?

Sudah jelas, ya! Coba latihan berikut ini Anda kerjakan!

Buatlah pertanyaan jika jawaban yang tersedia sebagai berikut.

Perjanjian Linggarati diselenggarakan di Linggarjati.


Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.


Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.



Laporkan kepada guru hasil pekerjaanmu dan tunjukkan foto berserta hasil pekerjaanmu!

Misalnya seperti ini:



Tanyakan kepada guru melalui WA atau telepon jika ada yang belum jelas!


Anak-anak, sampai di sini pelajaran kita kali ini. Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.

Gunakan kalimat efektif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, gunakan huruf kapital dengan tepat, dan gunakan bentuk tulisan tangan yang baku seperti contoh.

Sampai jumpa!



Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo

Share:

Belajar Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 Pembelajaran 3 (IPA)

Muatan Pelajaran IPA

3.3. Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber


Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca uraian dalam blog ini, bertanya jawab dengan guru melalaui media sosial atau telepon, mengonton video, siswa dapat melaporkan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara lisan dan tulisan.



Hai, anak-anak hebat siswa-siswaku kelas 6!

Setelah belajar membuat kalimat efektif, kita kan melanjutkan pembelajaran kita. Sudah siap? Karena masih dalam masa pandemi, jangan lupa selalu memakai masker, tidak bersentuhan dengan orang lan, dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.



Buka kembali pelajaran tentang ciri-ciri hewan!

Lihat di sini:
https://diksisusanto.blogspot.com/2020/09/belajar-tema-2-subtema-2-kelas-6_10.html

Kali ini kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.

Silakan baca uraian berikut ini!  Jika ingin besar sentuh/tap/klik gambar berikut yang di sudut kanan atas dokumen.








Anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. 

Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.

Baca kembali materi pelajaran kita hari ini dengan saksama!




Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo


Saran, kritik, dan masukan silakan tulis dengan bahasa yang santun di kolom komentar.

Share:

Belajar Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 Pembelajaran 3

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat
efektif.




Selamat berjumpa, anak-anak!


Lihat pensil warna itu. Berwarna-warni indah sekali. Kadang mereka bekerja sendiri-sendiri, kadang pula menggores bersama dan muncul warna baru. Misalnya warna kuning bercampur biru menjadi hijau, warna merah bercampur biru menjadi ungu, dan seterusnya. Begitulah kita anak-anak, Tuhan menciptakan kita berbeda-beda, tetapi jika kita mau bekerja sama, dunia semakin indah.

Masa pandemi belum berakhir, tetap jaga jarak dan memakai masker.


Dock. shopee.co.id


Masih ingat kalian dengan kalimat efektif?


Pada pelajaran kali ini, setelah membaca uraian, mengerjakan soal lathan dan bertanya jawab dengan guru melalui media sosial atau telepon, kalian diharapkan dapat:
  1. mengidentifikasi kalimat efektif yang disajikan dengan baik
  2. membuat kalimat efektif dengan benar yakni memperhatikan penggunaan tanda baca dan kosa kata baku bahasa Indonesia.


Coba beri tanda centang ( V ) pada kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif dan tanda ( X ) jika kalimat tersebut tidak efektif.

(     )   pergi kemarin.
(     )   Kolonel Sudirman gerilya memimpin perang. 
(     )   pertempuran berkobar di ambarawa.
(     )   Air bisa dapat berubah wujud.
(     )   Para siswa-siswa wajib memakai masker.

Mari kita bahas!

X   )   pergi kemarin.

Kalimat ini tidak lengkap, tidak memiliki pokok kalimat. Siapa yang pergi? Tidak jelas, bukan?
Jadi, kalimat tersebut bukan kalimat efektif.


X   )   Kolonel Sudirman gerilya memimpin perang. 

Siapa memimpin perang?
Yang memimpin perang adalah Kolonel Sudirman.

Kolonel Sudirman memimpin apa?
Kolonel Sudirman memimpin perang.

Perang apa?
Perang gerilya.

Jadi kalimat yang benar seharusnya:
Kolonel Sudirman memimpin perang gerilya.


X  )   pertempuran berkobar di ambarawa.

Setiap kalimat harus diawali dengan huruf kapital. Nama kota juga harus ditulis dengan huruf kapital pada awal kata. Jadi, kalimat tersebut tidak efektif.

Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:
Pertempuran berkobar di Ambarawa.


X )   Air bisa dapat berubah wujud.

Kata bisa sama maknanya dengan dapat. Oleh karena itu, gunakan salah satu.

Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:
Air dapat berubah wujud.


( X  )   Para siswa-siswa wajib memakai masker.

Siswa-siswa mempunyai makna banyak siswa.

Kata para juga menunjukkan makna banyak pada kata yang mengikutinya. 



Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:

Para siswa wajib memakai masker.
Siswa-siswa wajib memakai masker.

Soal Latihan 





Anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. 
Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.

Baca kembali materi pelajaran kita hari ini dengan sakasama!


Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo



Share:

Perkalian Bilangan Bulat

Halo, siswa kelas 6 yang keren!

Apa kabar kalian semua? 
Pak Guru doakan semoga kalian semua dalam keadaan sehat. 
Jangan lupa tiga hal berikut!







Pada pertemuan kali ini kita akan belajar matematika.

Pelajaran kita kali ini adalah perkalian bilangan bulat. 

Sebelumnya kita sudah belajar penjumlahan bilangan bulat.

Nah untuk memahami pelajaran kali ini silakan anak-anak simak video berikut ini!





Coba ulangi lagi jika merasa belum jelas. 

Catatlah hal-hal yang menurutmu penting!

Jika sudah selesai, kuis berikut ini silakan isi untuk latihan. O iya, yang bertanda * (bintang) berwarna merah wajib diisi, ya!





Semoga pelajaran hari ini menyenangkan. Jika ada hal-hal yang tidak jelas, silakan ditanyakan melalui WA atau telepon kepada guru!

Sampai jumpa!


Susanto
Guru Kelas 6 SDN Mardiharjo






Sumber Gambar:

https://covid19.go.id/storage/app/uploads/public/5e9/736/f51/5e9736f51dba9267670554.jpg 
https://www.viva.co.id/berita/metro/1267446-hindari-corona-anak-anak-di-jakarta-belajar-di-rumah-pada-16-29-maret 
https://covid19.kemkes.go.id/warta-infem/begini-cara-mencuci-tangan-yang-benar/#.X0-qeHkzZnI 



Share:

Belajar Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 Pembelajaran 2


Assalaamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semua!

Halo, bertemu kembali di blog kesayangan kita, DIKSI.

Pak Guru berharap kalian semua masih bersemangat belajar, baik sendiri-sendiri maupun bersama teman dekatmu. Tetapi ingat selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, ya! 

Tujuan Pembelajaran  pertama kita adalah 

  1. Setelah membaca teks, kalian mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
  2. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

Seperti biasa, tujuan pembelajaran bukan untuk dicatat ya. Kalimat itu merukan harapan kita setelah kalian memelajari bahan pelajaran di laman ini. 

Bagaimana, sudah siapkah. Mari kita mulai!


Perhatikan video berikut ini!

(Mudah-mudahan sinyal di daerah kita bersahabat sehingga video bisa dibuka)





Jika kalian ikuti video tersebut sampai selesai, beberapa pertanyaan pada halaman 53 dan 54 buku tema 2 kita dapat terjawab. 

Coba jawab pertanyaan itu berdasarkan uraian materi dari video di atas atau hasil kalian membaca buku tema 2 halaman 52-53! Kalian bisa menuliskannya di buku catatan PPKn.

Jika ingin tetap membuka HP atau laptopmum buku tersebut Pak Guru sisipkan pada halaman di bawah ini.







Seni Budaya dan Keterampilan

Bagaimana tugas dari Pak Guru untuk mengarang "Tarian atau Gerak" dan lagu berdasarkan pola lantai yang sudah dipelajari pada bagian sebelumnya?

Pak Guru berharap kalian dapat memupuk kekompakan, persatuan, dan kerukunan dengan berlatih menari!

Nah jika kalian buka buku halaman 61 di atas, kalian akan berjuma dengan penjelasan tentang Tari Indang

Tari ceria dari Tanah Minang atau Minangkabau di Sumatera Barat ini memiliki gerakan yang bagus sekali. Dari gerakan tangan hingga gerakan kaki penarinya yang membentuk pola lantai.

Yuk, kita pelajari tari tersebut. Jika kelompokmu belum menentukan tari apa yang akan dipraktekkan, kalian boleh memilih tari ini.

Namun sebelumnya, tujuan pembelajaran kedua ini adalah:

  • Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, kalian mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
  • Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan video, kalian mampu mempraktikkan gerakan pada Tari Indang.

Lihat video berikut ini ya! Tentu berdoa semoga sinyal internet kita bersahabat. 





Nah, bagaimana anak-anak? Menarik dan menghibur sekali, bukan?


Sampai di sini dulu pelajaran kita pada hari ini, silakan kalian ulang-ulang hingga malam nanti kalian naik ke peraduan. 

Selamat belajar!




Susanto
Guru SDN Mardiharjo





Kamus Kita Hari Ini


mengidentifikasi /meng·i·den·ti·fi·ka·si/ v menentukan atau menetapkan identitas (orang, benda, dan sebagainya): petugas ~ korban kecelakaan pesawat terbang

senantiasa/se·nan·ti·a·sa/ adv selalu; selamanya; tidak putus-putusnya: para pemain -- mengikuti nasihat pelatihnya;
-- hari setiap hari

senantiasa dapat juga berarti selalu


Sumber video
https://www.youtube.com/watch?v=7AxaeELaxOA&t=20s
https://www.youtube.com/watch?v=4qk0DD2zqig

Share:

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.