Amatilah gambar berikut, kemudian, tuliskan hasil pengamatanmu mengenai gambar dengan kalimatmu sendiri!
Jawaban:
Warga di lingkungan tersebut memberlakukan aturan khusus. Aturan khusus itu yakni menetapkan pukul 18.30-21.00 sebagai waktu belajar. Aturan itu dapat membuat waktu belajar lebih kondusif. Menggalakkan jam belajar masyarakat merupakan bentuk dukungan warga masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan bangsa.
Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!
3. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
Jawaban:
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan atau dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
4. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu?
Jawaban:
Belajar, menjaga kebersihan, menghormati orang tua dan guru, membantu orang tua, mengerjakan tugas sekolah, dan menaati peraturan sekolah.
5. Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?
Jawaban:
Menerima dan melaksanakan dengan rasa tanggung jawab.
6. Mengapa kita harus bersikap menerima dan melaksanakan dengan rasa tanggung jawab?
Jawaban:
Karena dibalik kewajiban yang saya lakukan, terdapat hak. Saya akan pantas menerima hak ketika telah melaksanakan kewajiban.
Selamat bertemu kembali. Bagaimana pelajaran kemarin? Semoga sudah tuntas kalian baca dan kerjakan latihan-latihannya!
Kita bertemu kembali pada hari ini. Doa saya semoga kalian tetap sehat. Mari kita berdoa dulu sebelum belajar sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing!
Tujuan belajar kita kali ini adalah:
dapat menjelaskan ciri-ciri masa puber pada anak laki-laki dan anak perempuan.
dapat mengidentifikasi ciri-ciri masa pubertas pada laki-laki dan perempuan.
menyanyikan lagu “Aku Cinta Lingkungan” interval lagu dengan percaya diri.
dapat menjelaskan interval nada dari sebuah lagu dengan percaya diri.
Keempat tujuan itu akan dicapai melalui kegiatan membaca, mengamati gambar, menonton video, dan latihan secara mandiri.
Yuk, kita mulai. sebelumnya, tulis soal/pertanyaan berikut di bukumu. Jangan dijawab dulu, kalian boleh menjawab jika sudah memelajari uraian pelajaran di bawahnya, ya!
Apa yang dimaksud dengan masa puber?
Perhatikan gambar berikut ini! Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Tulis hurufnya saja!
Disebut apakah Awal masa remaja pada manusia?
Apa saja ciri-ciri pubertas pada laki-laki?
Apa saja ciri-ciri pubertas pada perempuan?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas ikuti uraian berikut ini!
Sebagian besar dari kalian saat ini masih anak-anak, bukan? Setelah kalian melewati masa anak-anak, kalian akan memasuki masa remaja. Masa remaja disebut juga masa puber. Masa puber adalah masa perkembangan menjadi manusia dewasa. Pada masa puber terjadi perkembangan alat reproduksi.
Anak laki-laki dan anak perempuan mengalami masa puber yang berbeda. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun. Apakah kalian sudah memasuki masa puber? Apa ciri-cirinya?
Nah, sekarang kalian sudah tahu bagaimana ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki dan perempuan.
Sebagai anak remaja, kalian harus mulai belajar memikul tanggung jawab. Salah satunya adalah menjaga lingkungan.
Mari kita belajar menyanyikan lagu berjudul "Aku Cinta Lingkunganku".
Berkaraoke
Latihan
Perhatikan ciri-ciri berikut! 1. Tumbuh kumis 2. Dada membesar 3. Dada membidang 4. Suara melengking 5. Tumbuh jakun 6. Pinggul membesar
Ciri-ciri pubertas pada remaja laki-laki ditunjukkan oleh nomor.....
A. 1, 2, dan 5 B. 1, 3, dan 2 C. 1, 3, dan 4 D. 1, 3, dan 5
Ciri perkembangan fisik yang dialami baik oleh anak laki-laki maupun perempuan adalah.....
A. tumbuh jenggot B. pelebaran pinggul C. suara menjadi semakin berat D. tumbuhnya rambut di sekitar kemaluan dan ketiak
Untuk Bapak dan Ibu Guru: Materi pelajaran kali ini adalah uraian dari kompetensi dasar:
IPA
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi.
4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami.
SBdP 3.2 Memahami interval nada secara individu dan berkelompok 4.2 Memainkan interval nada melalui lagu dan alat musik secara individu dan berkelompok
KD tersebut adalah KD pada Kurikulum Kondisi Khusus.
Assalaamualaikum W. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Salam sehat.
Hari ini kita akan belajar tentang bangun ruang.
Sebelum belajar, mari kita berdoa terlebih dahulu!
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati video, membaca, dan berlatih, siswa dapat:
menjelaskan pengertian bangun ruang.
memberikan contoh bangun ruang
menjelaskan tiga bagian bangun ruang
mengidentifikasikan bangun ruang prisma, limas, kerucut, dan tabung
Catat di buku tulismu dan cari jawabannya dengan membaca uraian dan mencermati bangun ruang pada video yang disediakan!
Pertanyaan
Apakah yang dimaksud bangun ruang? Jelaskan!
Sebutkan jenis- jenis bangun ruang!
Jelaskan apa yang dimaksud dengan sisi, rusuk, dan titik sudut!
Identifikasi bangun ruang prisma, limas, kerucut, dan tabung dengan mengisi tabel berikut ini!
Untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas di atas, mari kita pelajari bersama-sama.
Perhatikan video berikut ini!
Bangun Ruang Bagian I
Berdasarkan video di atas, kalian dapat menjelaskan pengertian bangun ruang. Silakan tulis jawabannya pada bukumu!
Pada bangun ruang terdapat istilah sisi, rusuk, dan titik sudut.
Sisi adalah daerah atau bidang yang membatasi bangun ruang
Rusuk adalah garis pertemuan sisi-sisi pada bangun ruang
Titik sudut adalag titik pertemuan tiga atau lebih rusuk pada suatu bangun ruang
Perhatikan bangun ruang berikut ini!
Prisma
Video tersebut menjelaskan tentang prisma. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi prisma!
Perhatikan video berikut ini!
Limas
Video tersebut menjelaskan tentang limas. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi limas!
Perhatikan video berikut!
Kerucut
Video tersebut menjelaskan tentang kerucut. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi kerucut!
Perhatikan video berikut!
Tabung
Video tersebut menjelaskan tentang tabung. Nah kalian dapat mengisi tabel untuk mengidentifikasi tabung!
Anak-anak, itulah bangun-bangun ruang yang kita pelajari bersama kali ini. Jangan lupa laporkan kepada orang tuamu hasil belajar kali ini.
Untuk guru:
Kompetensi dasar materi ini adalah:
3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
4.4 Mengidentifikasi bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
Jika kalian sudah memiliki buku Tema 6, bukalah halaman 2!
Lanjutkan kalimat berikut, tulis pada buku catatanmu!
Kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar halaman 2 adalah ....
Masyarakat bergotong royong supaya ....
Bapak-bapak menanami pohon di pinggir jalan tujuannya agar ....
Masyarakat membayar pajak di bank atau di kantor pajak, artinya mereka sedang melaksanakan ... sebagai warga negara.
Warga masyarakat secara bergantan melaksanakan ronda malam agar ....
Kalian berhak menikmati lingkungan yang bersih. Kewajiban dan tanggung jawab sebagai anak yang peduli lingkungan jika lingkungan sekitar rumah kalian kotor adalah ....
Perhatikan Bacaan berikut!
Definisi Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia
Hak dan Kewajiban Warga Negara sebagai warga negara Indonesia wajib diketahui oleh setiap masyarakat Indonesia. Pengetahuan tersebut sangat bermanfaat untuk menghindari terjadi berbagai kesalahpahaman maupun kekeliruan ketika hidup bermasyarakat.
Antara hak dan kewajiban harus dapat berjalan seirama dan satu kesatuan yang berjalan bersama. Namun pada prakteknya, kewajiban harus dilakukan atau dilaksanakan terlebih dahulu ketika Anda ingin mendapatkan hak yang sesuai di masa yang akan datang.
Definisi Kewajiban Warga Negara
Kewajiban sebagai warga negara adalah seluruh hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan hak dari negara yang ditinggali. Contoh dari kewajiban warga negara yaitu membela kesatuan dan kerukunan antar sesama.
Definisi Hak
Hak dalam hal kewarganegaraan berarti warga negara berhak atau mempunyai wewenang untuk memperoleh beberapa hal. Misalnya penghidupan yang layak, perlindungan hukum, jaminan keamanan dan sebagainya.
Perbedaan Hak dan Kewajiban
Hak merupakan sesuatu yang diperoleh sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan atau dikerjakan. Namun sebelum warga negara mendapatkan haknya, warga negara harus menjalani atau melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu.
Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara sudah diatur dalam Undang Undang Dasar 1945.
Pasal 26, ayat 1 mengatakan bahwa yang menjadi warga negara adalah bangsa Indonesia asli. Selain itu, warga negara juga bisa berasal bangsa lain yang telah disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Syarat-syarat kewarganegaraan telah ditetapkan pada pasal 26 ayat 2.
Hak dan kewajiban juga diatur pada pasal 27 ayat 2. Ayat tersebut menyatakan bahwa segala warga negara dengan kedudukannya dalam hukum dan pemerintah, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tersebut. Sedangkan pada ayat selanjutnya mengatakan bahwa setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
Bacalah bacaan halaman 4 yang berjudul Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia!
Jika kalian belajar bersama teman, coba gantian membaca bacaan tersebut. Satu orang membaca, satu orang lainnya menyimak. Gantian, gitu!
Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.
Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.
Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Sumber: Buku Siswa SD/MI Kelas VI
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa
Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.
a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.
Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.
Sudah membaca?
Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelummembaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks. Kata-kata penting dapat disebut kata kunci.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!
1. Apa judul teks pada bacaan di atas?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?
4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?