• Diksi 1

    Halaman SDN Mataram Musi Rawas Mei 2024

  • Diksi 2

    SMP Terbuka TKB Batu Kucing Musi Rawas (Sekarang, Musi Rawas Utara)

  • Diksi 3

    Kegiatan Akhir Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9

  • Diksi 4

    Rumah Virus Literasi (RVL) Kopdar 2

  • Diksi 5

    Kota Kenangan

Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

 

PPKn dan Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan membaca cermat teks, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan dengan tepat.
  2. Dengan membaca cermat teks, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai keadilan dengan benar
  3. Melalui penugasan, siswa dapat menyusun konsep isi pidato dengan baik.

 

Halo, anak-anak Kelas 6 hebat. Bertemua kembali dalam pembelajaran pertama tema 7 subtema 3, ya!

Mari kita awali kegiatan ini dengan berdoa sesuai agama dan kepercayaan kita masing-masing!

Setelah kalian berdoa, mari kita baca teks berikut ini!

Apabila kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan. Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini!

 

Semut dan Belalang

Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.

Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di
tengah terik matahari membuat kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.

“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.

“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.

“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.

“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya. Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.

Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?

 

Nah, setelah kalian baca, coba jawab pertanyaan berikut ini!

1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
3. Bagaimana cara Semut bekerja?
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?

Diskusikan dengan temanmu!

Anak-anakku!

Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan di musim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Coba renungkan, lalu tulislah apa kelebihanmu dan apa saja kekuranganmu!

Kelebihanku adalah ....

Kekuranganku adalah ....

Yang aku lakukan terhadap kelebihan dan kekurangan yang aku miliki adalah ....

 

Gotong royong

Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa tidak mungkin dapat mengumpulkan makanan tanpa bekerja sama. Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu!

 

Badan usaha yang menerapkan prisip gotong royong di antaranya adalah koperasi. 

Tahukah kalian tentang koperasi? Bagaimana orang-orang di dalamnya bekerja? Apa manfaatnya bagi anggota? Ayo, baca teks berikut dalam hati dan pahami maknanya!

 

Sejahtera Bersama Koperasi

Secara sukarela, sebagian besar guru dan karyawan di SD Palapa menjadi anggota koperasi karyawan. Koperasi ini didirikan sejak lima tahun yang lalu. Terasa benar oleh mereka manfaat menjadi anggota koperasi ini. Sebagian guru dan karyawan yang memiliki usaha kecil, dapat bekerja sama dengan unit usaha koperasi untuk mengembangkan usaha mereka. Sebagian lagi merasakan manfaat dari unit simpan pinjam.

Pada akhir tahun diadakan rapat anggota koperasi. Seluruh guru dan pegawai SD Palapa hadir. Pada rapat ini, Pak Badru selaku Ketua Koperasi periode 2012 sampai 2014 akan memaparkan pencapaian selama setahun, sekaligus membuka penerimaan anggota baru.

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan keper cayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita.”

“Sudah beberapa tahun kita ber sama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini.”

“Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan merupakan modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitu pun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan Ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Suasana hening sejenak, sebelum gemuruh tepuk tangan menyambut pidato Pak Badru. Di dalam hati, semua mengangguk setuju. Kesejahteraan bersama merupakan tanggung jawab semua.

 

Pak guru ingin kalian membaca teks tersebut dengan lancar, rekam dan kirimkan kegiatan membacamu kepada guru!

Anak-anak, setelah membaca teks di atas, ada beberapa pesan yang terkandung di dalamnya!

Berikut pesan-pesan yang ada dalam bacaan tersebut.

  • Tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan.
  • Tujuan koperasi ialah meningkatkan kesejahteraan bersama.
  • Peduli terhadap jalannya perjuangan koperasi menjadi kewajiban bersama.
  • Ketua, pengurus dan anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar.
  • Mengambil keputusan dengan musyawarah.
  • Kesejahteraan bersama merupakan tanggung jawab bersama.
  • Pemimpin yang mengedepankan musyawarah dan gotong royong serta kepentingan anggotanya.

Nah, anak-anak! Pak Badru dalam teks di atas adalah contoh orang yang sedang berpidato.

Sebelum berpidato, kita harus menentukan topik pidato. Topik adalah sesuatu hal pokok yang akan disampaikan.

Contoh topik misalnya: Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama

Pada waktu berberpidato lakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. memberikan salam
  2. menyampaikan pendahuluan
  3. menyampaikan insti pidato
  4. menyampaikan penutup pidato
  5. mengucapkan salam penutup

 

Salam Pembuka : Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan  lain-lain)

Pendahuluan: Memaparkan Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama
 
Inti Pidato: Membahas Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama secara lengkap. Kalimat permintaan atau bujukan dipakai untuk mengajak pendengar melaksanakan acara yang diharapkan.
 
Penutup : Rangkuman atau intisari dari Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama.
 
Salam Penutup : Berisi kalimat salam epilog menyerupai “terima kasih”.

 

Nah, anak-anakku. Demikian pembelajaran kita kali ini. Tetap semangat, jaga kesehatan kita masing-masing. Ingat, panemi Covid-19 belum berakhir!

3 M jangan dilupakan!

Selamat belajar!

 

Untuk Guru (KD Tema 7)

PPKn
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari.

IPS
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Bahasa Indonesia
3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.

SBdP
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.

 



 

 

Sumber:

  1. https://cute766.info/kunci-jawaban-halaman-105-106-107-109-111-buku-tematik-kelas-6-tema-7-subtema-3-pb-1-soal/
Share:

Buku Tematik Kelas VI Semester 1 dan 2 Revisi 2018

Sahabat Diksi yang terhormat, buku tematik untuk kelas 6 SD/MI ini terdiri atas Buku Guru dan Buku Siswa dan disusun per tema. Adapun tema untuk kelas 6 semester 1 meliputi:

1. Selamatkan Makhluk Hidup

2. Persatuan dalam Perbedaan

3. Tokoh dan Penemuan

4. Globalisasi

5. Wirausaha



Buku tersebut dapat diunduh secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Buku Guru K13 untuk Kelas 6 Semester 1 SD/MI Revisi 2018

Buku Guru Tema 1; Selamatkan Makhluk Hidup (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 2; Persatuan dalam Perbedaan (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 3; Tokoh dan Penemuan (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 4; Globalisasi (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 5; Wirausaha (UNDUH DI SINI)


Buku SiswaK13 untuk Kelas 6 Semester 1 SD/MI Revisi 2018

Buku Siswa Tema 1; Selamatkan Makhluk Hidup (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 2; Persatuan dalam Perbedaan (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 3; Tokoh dan Penemuan (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 4; Globalisasi (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 5; Wirausaha (UNDUH DI SINI)


Sedangkan tema untuk kelas 6 semester 2 meliputi:

Tema 6. Menuju Masyarakat Sejahtera

Tema 7. Kepemimpinan

Tema 8. Bumiku

Tema 9. Menjelajah Angkasa Luar


Buku tersebut dapat diunduh secara gratis melalui tautan di bawah ini.

Buku Guru K13 untuk Kelas 6 Semester 2 SD/MI Revisi 2018


Buku Guru Tema 6; Menuju Masyarakat Sejahtera (UNDUH DI SINI)


Buku Guru Tema 7; Kepemimpinan (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 8; Bumiku (UNDUH DI SINI)

Buku Guru Tema 9; Menjelajah Angkasa Luar (UNDUH DI SINI)



Buku Siswa K13 untuk Kelas 6 Semester 2 SD/MI Revisi 2018

Buku Siswa Tema 6; Menuju Masyarakat Sejahtera (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 7; Menuju Masyarakat Sejahtera  (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 8; Bumiku  (UNDUH DI SINI)

Buku Siswa Tema 9; Menjelajah Angkasa Luar  (UNDUH DI SINI)


Share:

Volume dan Luas Permukaan Kubus dan Balok

 

Halo, Anak-anak!

Sudah belajar mencari volum balok dan kubus, bukan?

Mari kita uji kemampuan kita untuk menyelesaikan soal berikut. Soal ini ada di SINI.

Soal Pertama

Hitung volum balok di atas!

Hitung luas permukaan balok tersebut!

Zaky ingin membuat balok seperti itu dari tripleks. Ia memiliki tripleks berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 40 cm dan lebarnya 20 cm. Cukupkah tripleks Zaky untuk membuat balok dengan ukuran seperti itu?

 

Jawaban Soal Pertama

Volum balok dicari dengan rumus = Luas alas x tinggi

Luas alas baloka dalah luas persegi panjang = p x l

Jadi, volum balok    
= p x l x t
= 18 cm x 8 cm x 7 cm

= 1.008 cm3

Luas permukaan balok, artinya luas seluruh sisi.

Balok memiliki 3 pasang sisi yang sama dan sebangun.

Terdapat sepasang sisi dengan ukuran 18 cm x 7 cm = 2 x 18 cm x 7 cm = 252 cm2

Terdapat sepasang sisi dengan ukuran 18 cm x 8 cm = 2 x 18 cm x 8 cm = 288 cm2

Terdapat sepasang sisi dengan ukuran 8 cm x 7 cm = 2 x 8 cm x 7 cm = 112 cm2

Luas permukaan balok = 652 cm2


Luas tripleks Zaky 40 cm x 20 cm = 800 cm2

Jadi, tripleks Zaki cukup untuk menbuat balok dengan ukuran tersebut.


Soal Kedua

Berapa volume kubus dengan ukuran seperti di atas?

Berapa luas permukaan kubus itu?

Jawaban Soal Kedua

 Volum kubus juga sama dengan balok yakni luas alas x tinggi.

Namun, panjang, lebar, dan tinggi balok sama dengan panjang rususk kubus. Oleh karena itu, olume kubus = rusuk x rusuk x rusuk atau r x r x r.

Jadi, volume kubus 

= r x r x r

= 25 cm x 25 cm x 25 cm 

= 15.625 cm3




Soal Ketiga

    1. Gabungan bangun di atas terbentuk dari bangun apa dan apa?
      Coba carilah volume bangun tersebut!
      Berapa luas permukaan bangun tersebut?

 

Jawaban Soal Ketiga

Bangun di atas adalah gabungan dua buah balok.

Volume bangun dicari dengan cara mencari volume balok dengan ukuran 11 cm x 10 cm x 10 cm dan volume balok dengan ukuran 18 cm x 10 x 9 cm

Volum bangun ruang gabungan tersebut adalah 1.100 cm3  + 1.620 cm = 2.720 cm3


Luas permukaanya Anda hitung dengan menjumlahkan luas permukaan yang "terbuka". Bagian yang berimpit tidak dihitung.

Demikian pelajaran kita kali ini. Terima kasih.




Jangan lupa, laporkan kepada orang tua dan hasil pekerjaan laporkan kepada gurumu!

Selamat belajar!


Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 (SBdP dan IPA)

 

Pembelajaran 4

Sebelum melanjutkan, jika anak-anak dapat membuka materi tentang reklame pelajaran sebelumnya di sini.

Masih ingat, bukan?

Reklame adalah cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk atau kegiatan tertentu kepada masyarakat.

Kalian dapat membuka halaman 104 sampai 106 buku Tematikmu!

Lihatlah gambar-gambar reklame berikut dan akan kita analisis isinya!

Gambar 1

Ada tulisan apa pada reklame di atas?

Ya, Selamatakan anak-anak kita dari BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA 

Reklame tersebut berisi pesan apa?

Reklame tersebut berisi pesan untuk melindungi anak-anak dari bahaya penyalhgunaan narkoba.

 

Gambar 2

Gambar dan tulisan apa saja pada reklame di atas?

Ya, pada reklame di atas terdapat gambar seorang ibu yang sedang memasak, tulisan: "Bijak Memilih Makanan", dan peringatan jika kelebihan bahan makanan.

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi imbauan bijaksana untuk memilih makanan.

 

Gambar 3

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar rokok yang dipadamkan dan tulisan "Matikan rokok Anda sekarang sebelum rokok mematikan Anda dan Keluarga Anda"

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Lanjutkan kalimat ini!

Reklame tersebut berisi .......................................................................... 

 

Gambar 4

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar nyamuk yang dicoret garis merah. Terdapat juga tulisan 3 M Plussssss. Juga terdapat tulisan besar berbunyi "PERANGI NYAMUK DENGAN TEPAT"

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi pencegahan penyakit demam berdarah.

 

Gambar 5

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar bayi dan anak-anak.

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi ajakan mengikuti lomba balita sehat. 

 

Anak-anak kelas 6 yang hebat!

Reklame di atas menarik, bukan? Sebuah reklame menarik jika berisi informasi dan gambar yang menarik. Tulisan dan gambar yang menarik  akan membuat orang-orang ingin melihat atau mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan, ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.

 

Anak-anak yang baik, pada pembelajaran 2, kamu sudah mengetahui bahwa reklame ada bermacam-macam di antaranya ada reklame media visual seperti pada gambar di atas. Berdasarkan pemasangannya, reklame media visual ada yang dipasang di luar ruang.

Contoh reklame media visual yang dipasang di luar ruang yaitu baliho. Baliho dapat digunakan sebagai media promosi atau pengiklanan suatu produk baru dan dapat juga digunakan sebagai media pemberitaan kegiatan tertentu.

Pernahkah kamu melihat bentuk baliho? 

 

Sebelum kita membuat baliho, kalian adalah anak-anak kelas enam yang beranjak memasuki usia pubertas. Bahkan, di antara kalian sudah puber ya? 

Ini pengakuan beberapa temanmu!

https://arju01.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertas.html 

https://evamelinda20.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertas.html

https://khoirul-anam-78.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertasku.html 

 

Kalian juga bisa membuat blog seperti teman-temanmu itu. Yang penting kalian memiliki email google (bisa meminta kepada orang tuamu) lalu menginstal aplikasi blogger dan ingat-ingat kata sandinya!

 

Sebagai anak yang memasuki usia pubertas, kalian harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri kalian masing-masing.

Pada buku tematik halaman 107 ada tugas untuk membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera.

1. Carilah gambar baliho. Kemudian tempel pada kotak berikut.

Kalian bisa mencari contoh baliho.

2. Apa yang akan kamu tuliskan dan gambarkan jika kamu diminta membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera?

Kalian dapat menuliskan apa saja, lihat reklame pada gambar di atas!

3. Gambarkan rancangan baliho tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera. Kamu dapat mencari gambar-gambar di media cetak maupun internet untuk mendukung rancanganmu. Gambar-gambar dapat digunakan dengan cara teknik montase. Buatlah rancangannya pada selembar kertas.

Untuk tugas ini, nanti dibiccarakan dengan Pak Guru atau Bu Guru di kelas. 

 

Anak-anak, bacalah berulang-ulang materi di atas. Jika ada yang belum dipahami, silakan hubungi guru atau orang tuamu!

 

Tugas

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan pengertian reklame!
2. Apa syarat agar reklame menarik?
3. Mengapa reklame harus dibuat dengan tulisan dan gambar yang menarik?
4. Apa saja fungsi baliho?

Tulis soal dan jawabannya, kemudian kalian foto. Lalu tunjukkan pada orang tua/wali dan gurumu!

 

 


 

 Selamat belajar, ya!


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk Guru

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan isi reklame dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat membuat gambar rancangan baliho dengan terampil.
3. Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menuliskan ciri-ciri masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan dengan tepat.

Share:

Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat (Kelas 6 Tema 6 ST 2 Pb. 1)

 

Soal Latihan

Isilah dengan jawaban yang benar!

1. Melakukan usaha yang terbaik untuk mengelola keluarganya agar rumah dan anggota keluarganya dapat melakukan semua kegiatannya dengan baik adalah tanggung jawab ....

2. Bukti bahwa kalian siswa yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan belajar secara daring misalnya ....

3. Contoh tanggung jawab pada diri sendiri adalah ....

4. Menjaga kebersihan rumah menjadi tanggung jawab ....

5. Menjaga kebersihan, membayar iuran RT, menjaga keamanan lingkungan adalah contoh tanggung jawab di ….


Jawaban

1. ibu rumah tangga

2. absen daring, mengirimkan foto, mengirimkan jawaban, 

3. menjaga kebersihan badan, pakaian, dan menjaga kesehatan badan.

4. seluruh anggota rumah tangga.

5. lingkungan masyarakat.

Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pebelajaran 4 (SBdP) Kunci SBdP dari Blogsusanto

 Halo, anak-anak kelas 6!

Sudah memelajari Tema 6 Subtema 2 Pmbelajaran 4 (SBdP)? Seru, ya cerita tentang tati kreasi daerah.

Berikut Jawaban pertanyaan pada https://blogsusanto.com/2021/01/22/kelas-6-tema-6-subtema-2-pembelajaran-4-sbdp/

Setelah menonton video tersebut, coba jawab pertanyaan di bawah ini!  

  1. Jelaskan pengertian tari kreasi itu!
  2. Apakah tari kreasi memiliki aturan tertentu?
  3. Sebutkan 3 jenis tari kreasi!
  4. Jelaskan pengertian tari kreasi daerah!
  5. Coba sebutkan tari kreasi daerah tunggal yang kalian ketahui!
  6. Disebut apakah tari kreasi yang dilakukan oleh dua orang penari?
  7. Sebutkan 3 contoh tari kreasi yang dilakukan berpasangan!
JAWABAN

1. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan pengembangan dari gerak tari tradisional.

2. Tidak

3. Tiga jenis tari kreasi

          a. Tari Kreasi Daerah
          b. Tari Kreasi moderen
          c. Tari Kreasi Kontemporer

4. Tari kerasi daerah yaitu tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, maupun aspek lainnya tetapi masih dalam konteks tari daerah tersebut

5. Contoh tari kreasi daerah tunggal misalnya
     a. Tar Gambir anom dari Jawa Tengah


https://gasbanter.com/tari-gambir-anom/


     b. Tari Trunajaya dari Bali 

Tari Trunajaya – Sumber : Youtube @Pregina Bali



     c. Tari Jaipong dari Jawa Barat

https://mitrapol.com/2018/10/15/lewat-dunia-maya-tarian-jaipong-mendunia/

     d. Tari Pendet dari Bali

https://news.detik.com/berita/d-1187647/tari-pendet-tarian-upacara-berumur-ratusan-tahun




     e. Tari Kandagan dari Jawa Barat

https://auliassftri.wordpress.com/2018/04/14/tari-kandagan-jawa-barat/


     f. Tari Remo dari Jawa Timur

https://ujiansma.com/tari-remong-jawa-timur


6. Tari Kreasi Berpasangan


7.  Contoh Tari Kresi Berpasangan

     a. Tari Serampang 12 (Sumatera Utara)

https://www.gapuranews.com/festival-tari-serampang-dua-belas-se-nusantara-2014/



     b. Tari Legong dari Bali


https://indonesia.go.id/ragam/seni/seni/tari-legong-dari-ritual-ke-hiburan



     c. Tari Bambangan Cakil dari Jawa Tengah

https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Bambangan_Cakil



Contoh video dari tari-tari tersebut dapat kalian lihat pada channel youtube dengan menulis pada kolom pencarian, nama tari yang ingin dilihat.

Jangan lupa, setelah mengerjakan, kalian laporkan kepada orang tua dan guru



SELAMAT BELAJAR






 
Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 (IPS & PPKn)

Manfaat Pemenuhan Hak Warga Negara

Kalian bersekolah di mana? Adakah yang melarang kalian bersekolah? Kalian bahkan diwajibkan untuk mengenyam pendidikan. Selain kewajiban, memperoleh pendidikan adalah hak kalian sebagai warga negara. Kamu bersama teman-temanmu berhak menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara.

Jika kalian punya, buka halaman 59 Buku Tema 6 Subtema 2. Di sana kalian akan temuai bacaan sebagai berikut.

 

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang
dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta kesejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan
umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

 

Berdasarkan bacaan di atas, kita dapat menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa maksud dari kalimat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang?
  2. Apa salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran? 
  3. Di mana tercantum tujuan nasional bangsa Indonesia?
  4. Apa manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan?
  5. Apa manfaat atas pemenuhan hak atas perlindungan hukum?
  6. Apa yang terjadi bila keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terwujud?
  7. Apa manfaat atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan?

 


Nah, anak-anak! Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai
tujuan nasional.

Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

 

Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia
secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional, berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dari bacaan di atas, kita mengetahui cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Apa saja itu?

Jawab:

1. ...................................................................................................

2. ...................................................................................................

3. ...................................................................................................

4. ...................................................................................................

5. ...................................................................................................

6. ...................................................................................................

7. ...................................................................................................

8. ...................................................................................................

9. ...................................................................................................

10. ...................................................................................................

 


Nah, dari sepuluh jawaban cara-cara mempertahankan kemerdekaan, amati dan catat perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Misalnya nomor satu, menjunjung tinggi persamaan hak antarwarga negara agar tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia. apa perilaku masyarakat yang ada di sekitarmua? 

  • Tidak memutar lagu atau musi dengan suara yang keras.
  • Tidak melarang anak tetangga mengaji di mushalla

 

Anak-anak, demikian pelajaran kita hari ini, selamat beristirahat. Jangan lupa kunjungi kembali dan baca berulang-ulang materi kali ini agar kalian paham!

 

Untuk menjawab pertanyaan dan isian di atas, kalian dapat menemukannya di SINI.

Share:

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.