Halo, Anak-anak hebat!
Jika kalian buka buku halaman 50, akan kalian dapati tulisan sebagai berikut.
Sebagian besar kawasan Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi dan suhu udara panas. Hutan tropisnya kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan rotan. Hanya Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis.
Hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut banyak memberikan manfaat terkait sumber daya alam, yaitu:
- ikan dan hasil laut lainnya,
- jalur transportasi air,
- objek wisata, dan
- bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi.
Apakah iklim itu?
Iklim adalah kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama.
Iklim menentukan berbagai aspek kehidupan. Misalnya, dengan mengetahui iklim, manusia bisa menentukan tanaman apa yang harus dibudidayakan sebagai bahan pangan. Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.
Perhatikan pembagian iklim berikut.
Perbedaan iklim terjadi karena posisi daerah tersebut terhadap matahari. Berdasarkan matahari, para peneliti membagi iklim yang ada di bumi menjadi empat jenis yakni: iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin.
Kali ini kita bahas dua iklim, yaitu iklim tropis dan subtropis.
Iklim tropis terjadi di kawasan sekitar ekuator atau garis khatulistiwa seperti Indonesia. Pada iklim tropis, cuaca hangat sepanjang hari dan tidak ada musim dingin.
Iklim subtropis ada di daerah dengan lintang 20 hingga 40 derajat. Daerah dengan iklim subtropis punya suhu harian dan musiman yang lebih beragam dari daerah tropis. Negara anggota ASEAN yang beriklim subtropis adalah Myanmar, terutama Myanmar bagian utara.
Lihatlah peta negara-negara ASEAN berikut ini!
Bandingkan letak negara-negara tersebut di dunia dngan melihat peta dunia berikut ini.
Wilayah luas yang berwarna biru adalah wilayah laut.
Pada hape-mu, silakan peta dunia tersebut kalian zoom atau perbesar. Lalu, kalian tentukan negara mana di ASEAN saja yang memiliki pantai atau wilayah laut?
Negara-negara anggota ASEAN yang memiliki laut:
..............................................................................................
..............................................................................................
Anak-anak hebat!
Pada buku tema halaman 8 sampai 13 dipaparkan tentang "Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN".
Pada pelajaran 5 kali ini, di halaman 50 kalian diminta untuk menentukan dua negara anggota ASEAN lalu menentukan karaterisktiknya dalam diagram Venn.
Diagram Venn berbentuk dua buah lingkaran atau ellips yang saling berpotongan. Perpotongan keduanya dinamakan irisan, artinya dimiliki oleh kedua-duanya.
Misalnya, Anda memilih negara Indonesia dan Malaysia.
Karakteristik Indonesia kalian tulis, karakteristik Malaysia juga kalian tulis. Karakteristik yang sama-sama dimiliki kedua negara ditulis pada irisan diagram Venn tersebut.
Karakteristik Indonesia:
- berbentuk Republik
- kepala negaranya seorang presiden
- negara berupa kepulauan
- bunga khas adalah melati putih
- beriklum tropis
- suku bangsa: Melayu, China, Arab
- agama utama adalah Islam
- termasuk negara berkembang
- terletak di antara 6º LU (Lintang Utara) sampai 11º LS (Lintang Selatan) dan 95º BT sampai 141º BT (Bujur Timur)
- Anggota ASEAN
Karakteristik Malaysia:
- berbentuk kerajaan
- kepala negaranya seorang sultan dengan gelar Yang Dipertuan Agong
- negara dibagi menjadi dua wilayah
- bunga khas adalah bunga raya
- beriklum tropis
- suku bangsa: Melayu, China, Arab, India
- agama utama adalah Islam
- termasuk negara berkembang
- terletak di antara 1º LU (Lintang Utara) sampai 7º LU (Lintang Utara) dan 100º BT sampai 119º BT (Bujur Timur)
- Anggota ASEAN
Karakteristik yang sama di antara Indonesia dan Malaysia adalah:
- beriklum tropis
- suku bangsa: Melayu
- agama utama adalah Islam
- termasuk negara berkembang
Jika digambar dengan diagram Venn, maka gambarnya sebagai berikut.
TUGAS
Carilah persamaan dan perbedaan Indonesia dan Singapura, lalu kalian buat diagram Venn-nya!
Baik, itu saja pelajaran kita kali ini. Selamat membaca dan selamat mencermati peta! Semoga kalian paham. Jika ada yang belum paham, kalian tanyakan kepada gurumu!
Untuk guru
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.