• Diksi 1

    Halaman SDN Mataram Musi Rawas Mei 2024

  • Diksi 2

    SMP Terbuka TKB Batu Kucing Musi Rawas (Sekarang, Musi Rawas Utara)

  • Diksi 3

    Kegiatan Akhir Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9

  • Diksi 4

    Rumah Virus Literasi (RVL) Kopdar 2

  • Diksi 5

    Kota Kenangan

Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 (BI-IPA-IPS)

Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 3 Bersatu Kita Teguh
Pembelajaran 1


Halo, selamat berjumpa kembali.
Kali ini kita akan belajar materi tema 2 subtema 3 pebelajaran pertama. 

Setelah kalian membaca, menonton video, bertanya jawab dengan guru melalui WA, diharapkan kalian dapat:

  • menuliskan 5 contoh kata baku dan tidak baku.
  • membuat kalimat dengan kata tanya apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan, di mana dari teks yang dibaca.
  • menjelaskan manfaat hewan bagi manusia
  • menjelaskan manfaat tumbuhan bagi mansia
  • menjelaskan pengaruh kemerdekaan bagi petan dan pelajar

Marilah kita mulai belajar, namun sebelumnya silakan kalian berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing!

Coba perhatikan video berikut ini!

Tonton saja baik-baik, tidak usah kalian mencatat apa pun!



Setelah menonton video di atas, coba baca bacaan berikut ini!

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras.
Sebagai pelajar, kamu dapat bersatu dalam diskusi saat belajar di dalam kelas. Persatuan yang memperteguh tekad dalam mencapai tujuan telah dicontohkan oleh para pejuang.
Proklamasi Indonesia, sebagai tonggak kemerdekaan Indonesia, merupakan wujud dari persatuan bangsa Indonesia. Kemerdekaan Indonesia dicapai setelah melalui perjalanan panjang para pejuang bangsa melawan penjajah.
Persatuan yang kuat memperteguh tekad mereka untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.
Keteguhan hati dalam mewujudkan persatuan dapat dicontoh dari seorang pemuda di masa Proklamasi Kemerdekaan.


BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi
Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.


Tadi kalian sudah menonton video, di sana ada contoh kalimat tanya dan jawabannya.
Tugasmu, catat kalimat tanya dan jawabannya berdasarkan bacaan berjudul BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi di atas!
Catat di buku catatan Bahasa Indonesia!

1. Apa 

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................

2. Mengapa 

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................

3. Siapa 

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................

4.  Bagaimana

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................

5.  Kapan

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................

6.  Di mana

Pertanyaan:
.........................................................................? 
Jawaban:
.........................................................................


Anak-anak, pada bacaan di atas terdapat kata asli.
Kata asli ada yang menulisnya dengan aseli. Mana yang baku?

Kata baku adalah kata digunakan dalam situasi resmi dan penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi.

asli (baku)
aseli (tidak baku)

Tulis Baku jika kata tersebut baku dan Tidak Baku pada titik-titik di dalam kurung jika kata di samping kanan tidak baku!

(.......................) manfaat
(.......................) mampaat
(.......................) tidak
(.......................) ndak
(.......................) epektip
(.......................) efektif
(.......................) mateng
(.......................) matang
(.......................) ikhlas
(.......................) ihlas


Alhamdulillah, puji syukur kalian sudah menyelesaikan tugas di atas. 

Anak-anak, apakah kalian memelihara hewanpiaraan? Apa saja?
Apakah kalian juga menanam tumbuh-tumbuhan? Apa saja?

Coba tonton kembali video, lalu catat tumbuhan dan hewan yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan seperti yang ada dalam video!



Apa manfaat tumbuhan bagi manusia/lingkungan?
Apa saja manfaat hewan bagi manusia/lingkungan?
Catat di buku Catatan IPA!









Setelah selesai, silakan saksikan video tentang makna kemerdekaan berikut ini!


Apa makna kemerdekaan bagi petani?






Wah, bagus sekali filmnya, ya? 

Coba tuliskan makna kemerdekaan bagi pelajar!



Share:

Bahasa Indonesia dan PPKn Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6

Halo, anak-anak.

Kali ini adalah pembelajaran terakhir dari tema 2 persatuan dalam perbedaan, subtema 2 bekerja sama mencapai tujuan.

Setelah pembelajaran ini berakhir, kalian dapat membuat pertanyaan dengan kata tanya yang tepat.

Setelah menonton video, kalian dapat memberi minimal 3 contoh penerapan sikap pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari!

Mari kita saksikan video berikut!


Video menit pertama hingga meit ke-6.30 adalah PJOK. Pelajaran kita kali ini dimulai pada menit ke-6.30. 

Tugas kalian adalah:
1. Membuat kalimat tanya menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, bagaimana berdasarkan bacaan berjudul Bandung Lautan Api.

2. Mencatat contoh sikap pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari.


Jika sudah selesai, laporkan kepada gurumu!

Selamat belajar!



Share:

SBdP (Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5)

"Buku adalah sumber ilmu terbaik bagi siapa pun yang membacanya."


dok. canva

SBdP
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah.

Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah mengamati gambar, menonton video, dan membaca uraian pada laman ini, siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
  2. Setelah mengamati gambar, menonton video siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang  sesuai musik pengiring.


Selamat berjumpa lagi, anak-anak kelas 6!

Pelajaran sebelumnya sudah kita pelajari pola lantai. Bahkan sudah ada yang berani menampilkan Tari Manuk Dadali hasil latihann untuk menunjukkan pola lantai dan gerakan tari di kelas. Terima kasih Arlini, Deciya, Ayu, Valen, Feby, dan Aldo. 

Mereka sudah cuci tangan memakai sabun, dan memakai masker. Ketika menari saja masker mereka lepas. Tetapi sesudahnya mereka kembali memakainya. Yuk kita tonton bersama!


Dok. SDN Mardiharjo


Terima kasih, Arkini dan kawan-kawan. Kalian hebat!

Jika teman yang lain ingin mempelajari tarian daerah dan bingung tari apa yang akan dibawakan, coba amati video berikut ini!

Masih ingat tarian berikut ini?



Tari tersebut adalah Tari Indang. Karena lagu pengiringnya ada lirik Din din ba din din, tari itu pun terkenal juga dengan nama Tari Dindin Badindin.


Silakan praktikkan!


Anak-anak, demikian pelajaran kita kali ini. Selamat berlatih! 

Sebelum Pak Guru akhiri, jagalah selalu kesehatan. Selalu cuci tangan dan memakai masker. 


Susanto
Guru Kelas 6 SDN Mardiharjo

Share:

IPS Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5



BPS Pantau Petani Makin Sejahtera Sepanjang Juli 2019
dok. merdeka

3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Assalaamualaikum warahmatulaahi wa barakaatuh!
Salam sejahtara!

Selamat bertemu kembali anak-anak!
Bagaimana kabar kalian? Sehat-sehat saja bukan? Syukurlah. Jika ada yang sakit, banyak istirahat dan periksakan kepada petugas kesehatan yang keluarga kalian percaya! Mohonlah selalu kepada Tuhan agar senantiasa diberi kesehatan!

Setelah menonton video, membaca teks, dan bertanya jawab dengan Pak Guru melalui media sosial atau telepon, kalian diharapkan:
  1. dapat menceritakan peristiwa Bandung Lautan Api melalui peta pikiran dengan tepat.
  2. dapat menjelaskan manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat!
Sebelum memulai belajar, silakan anak-anak berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing!


Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat.
Ya Allah, berilah kami kefahaman atas apa yang kami pelajari. Aamiin.


Marilah kita menonton orkestra atau pergelaran musik berikut, lagu apakah itu? Amati alat musik yang digunakan. Apakah kalian tahu nama-nama alat musik yang digunakan?




Nah berikut lagu versi anak-anaknya. Hapalkan, ya!



Itulah lagu Halo Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki. Menyanyikannya harus penuh semangat.

Pak Guru tuliskan lirik lagu tersebut, ya!


Halo-halo Bandung

Ibu kota Periangan

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan

Sudah lama beta

Tidak berjumpa dengan kau

Sekarang telah menjadi lautan api
Mari bung rebut kembali
Halo-halo Bandung

Ibu kota Periangan

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan

Sudah lama beta

Tidak berjumpa dengan kau

Sekarang telah menjadi lautan api
Mari bung rebut kembali

Anak-anak coba baca baik-baik teks berikut ini!



Boleh kalian baca dalam hati, boleh juga kalian baca kuat-kuat agar kalian bersemangat!

Bandingkan cerita di atas dengan video berikut ini!




Amati dan cermati sekali lagi bacaan dan video di atas!

Buatlah uraian dengan tema Bandung lautan Api!

Namun sebelumnya, jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Apa judul bacaan di atas?
  2. Apa yang dimaksud dengan Peristiwa Bandung Lautan Api?
  3. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Bandung Lautan Api?
  4. Siapa saja tokoh dalam peristiwa Bandung Lautan Api?
  5. Bagaimana misi Muhammad Toha untuk menghancurkan gudang amunisi milik tentara Sekutu?

Setelah kalian jawab, susunlah menjadi karangan berdasarkan jawabanmu tetapi tidak boleh sama persis seperti teks di atas.

Untuk membantumu membuat karangan lengkapi kalimat rumpang berikut!




........................................

Pertempuran Bandung Lautan Api adalah ...........
Pertempuran Bandung Lautan Api dilatarbelakangi oleh ............................
Tokoh yang berperan dalam peristiwa Bandung lautan Api adalah ................
Misi Muhammad Toha untuk menghancurkan gudang amunisi milik tentara Sekutu akhirnya ....


Sebagai tugas terakhir, laporkan melalui WA kepada gurumu pertanyaan berikut.
Apa saja manfaat kerja sama yang kalian rasakan?




Anak-anak!
Sampai di sini pembelajaran kita kali ini, selamat belajar!



Dok. Pribadi

Share:

PPKn (Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4)

Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat.



dok. dasaguru

PPKn

3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Tujuan pembelajaran:

  1. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
  2. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

Anak-anak kelas 6 yang Pak Guru sayangi!

Di mana kalian dilahirkan? Di mana sekarang kita dibesarkan? Di Indonesia! Ya bumi pertiwi kita tercinta. 

Pada pelajaran sebelumnya sudah kita pelajari proses terjadinya proklamasi kemerdekaan hingga kita menjadi bangsa yang terbebas dari penjajahan.

Kita patut bersyukur dan berbangga diri dapat dilahirkan dan dibesarkan dibumi pertiwi ini, bangsa yang beragam suku, bahasa, juga ada enam agama di Indonesia. 

Keberagaman ini merupakan keistimewan juga merupakan tantangan. Mengapa Perbedaan dapat menimbulkan perpecahan jika dipermasalahkan. 

Dengan persatuan dan kesatuan bangsa ini mampu merebut kemerdekaan. 
Dengan persatuan dan kesatuan juga negara yang beragam ini akan terhindar dari perpecahan  bangsa. Persatuan dan kesatuan sendiri memiliki makna bersatu seperti layaknya semboyan Bhinneka Tunggal Ika “berbeda-beda tetapi satu jua”

Persatuan dan kesatuan sendiri diatur dalam Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Persatuan dan kesatuan ini juga ditegaskan dalam idiologi bangsa Indonesia yaitu pancasila sila ke-tiga “Persatuan Indonesia”. 

Lihatlah buku halaman 79!


Perhatikan pertanyaan di atas!

  1. Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?
  2. Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
  3. Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?


Anak-anak!

Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah.

Arti lebih luasnya yaitu berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan, ras, budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.

Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari perpecahan bangsa. Dengan demikian persatuan dibutuhkan di Indonesia.

Dengan persatuan dan kesatuankita dapat bekerja sama, dapat melakukan banyak hal. Dengan bekerja sama pekerjaan menjadi ringan. Tujuan hidup bahagia dan sejahtera dapat tercapai.

Apa saja sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari?

Sebagai siswa, megnhormati teman yang beda agama, beda suku, beda status sosial (kaya atau miskin). Menghormati guru yang berbeda keyakinan, berbeda bahasa, berbeda suku.

Sebagai anggota masyarakat, mau bekerja sama, tolong-menolong tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, bahasa, dan adat-istiadat. 

Menjauhi perkelahian, percekcokan, berdebat yang tidak perlu, dan selalu mematuhi peraturan dalam masyarakat. 

Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?

Lihat gambar gambar berikut ini!

contoh integrasi nasional
dok. zonareferensi


dok. jatimnow

Pengertian Gotong Royong: Unsur-Unsur, Nilai, Manfaat dan Tujuan
dok. fungsi.co.id

Nah gambar di atas menunjukkan bahwa kita bekerja sama tanpa memandang perbedaan.

Jadi, manfaat persatuan dan kesatuan sebagai berikut:
  1. Dengan semangat persatuan, semua perbedaan bisa diatasi dengan baik sehingga perpecahan & konflik bisa dihindari.
  2. Dengan semangat persatuan, pembangunan nasional bangsa menjadi lancar tanpa kendala sehingga bangsa lebih muda memajukan diri.
  3. Dengan semangat persatuan, Indonesia bisa mencapai tujuan nasionalnya seperti yang tertuang dalam UUD 1945.
  4. Dengan semangat persatuan, ketahanan nasional bangsa menjadi lebih baik.
  5. Dengan semangat persatuan, masyarakat hidup harmonis, aman, tentram, dan sejahtera.




Sampai di sini kita belajar mengenai makna persatuan dan kesatuan juga manfaat persatuan dan kesatuan.

Selalu jaga persatuan dan kesatuan!

Susanto
Guru Kelas 6 SDN mardiharjo



Share:

Bahasa Indonesia (Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4)

"Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu." 

(Imam Malik)

dok. canva

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia


3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kembali kita belajar dengan ceria!

Tujuan belajar kita kali ini adalah:
  1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan di masa persiapan kemerdekaan Indonesia.
  2. Setelah membaca teks, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam bentuk peta pikiran berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.


Siap? Beritahu ibumu atau ayahmu bahwa kalian sedang belajar mengunakan HP, bukan sedang bermain "game".

MULAI!

Anak-anak kelas 6 yang hebat!
Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.
Apakah kamu pernah melakukan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan?
Ya, tentu saja pernah bukan? Silakan kalian sebutkan apa saja. 



Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Anak-anak dapat juga membuka buku Tema 2 halaman 75 - 76!




Bagaimana, sudah selesai membacanya?

Buka kembali pelajaran tentang kalimat efektif!

Salah satu ciri kalimat efektif adalah penggunaan ejaan yang tepat. Misalnya penggunaan huruf kapital dengan benar.

Huruf kapital biasa disebut huruf besar.


Huruf yang berada di sebelah kiri, itulah huruf kapital. Karena kita menulis dengan tangan menggunakan pena/bolpoin/pensil, bentuk tulisan tangan baku seperti gambar di atas.


Baik, perhatikan kalimat berikut ini!

perjanjian linggarjati adalah perundingan antara indonesia dan belanda di linggarjati, jawa barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan indonesia.

Kalimat di atas tidak efektif. Mengapa?

Kalimat tersebut tidak menggunakan huruf kapital dengan tepat!

Kalimat di atas menjadi efektif jika ditulis sebagai berikut.

Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia.

Agar kalian paham, silakan salin kalimat efektif di atas!


Anak-anak, apakah kalian masih ingat kata tanya untuk menemukan informasi dari teks yang dibaca?

Pada video ini ada bagian yang menerangan tentang kata tanya. Silakan dibuka kembali!




Perhatikan bacaan berjudul Perjanjian Linggarjati di atas, atau bukalah halaman 75 - 76 Buku Tema 2 milikmu! 

Kita akan berlatih menemukan informasi dari bacaan menggunakan kata tanya yang kalian temukan pada peta pikiran.


  1. Apa yang dimaksud dengan Perjanjian Linggarjati?
  2. Mengapa Perjanjian Linggarjati dilaksanakan?
  3. Siapa yang berunding?
  4. Bagaimana isi Perjanjian Linggarjati?
  5. Kapan Perjanjian Linggarjati ditandatangani?
  6. Di mana Perjanjian Linggarjati diselenggarakan?

Adakah kalian temukan informasi untuk menjawab pertanyaan di atas?

Coba simak jawaban berikut!









Ada yang belum jelas?

Sudah jelas, ya! Coba latihan berikut ini Anda kerjakan!

Buatlah pertanyaan jika jawaban yang tersedia sebagai berikut.

Perjanjian Linggarati diselenggarakan di Linggarjati.


Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.


Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.



Laporkan kepada guru hasil pekerjaanmu dan tunjukkan foto berserta hasil pekerjaanmu!

Misalnya seperti ini:



Tanyakan kepada guru melalui WA atau telepon jika ada yang belum jelas!


Anak-anak, sampai di sini pelajaran kita kali ini. Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.

Gunakan kalimat efektif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, gunakan huruf kapital dengan tepat, dan gunakan bentuk tulisan tangan yang baku seperti contoh.

Sampai jumpa!



Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo

Share:

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.